MOK 2014 Ka. Gudep: Pramuka Jadi Pilihan Pertama

12 bulan ago rahidhas 0

Semarang-Rahidhas, 2 dekade ini sudah, Gerakan Pramuka Racana Wahid Hasyim mampu menyelenggarakan kegiatan Masa Orientasi Kepramukaan (MOK) Perguruan tinggi. MOK pertama di tahun 2013 dilaksanakan di sekitar kampus Unwahas, dan yang baru telaksanakan jum’at s.d. minggu kemarin (24-26/10) di wisata kleting kuning Ds. Semawai Sumowono Kab. Semarang.

MOK tahun 2014 ini tidak seperti tahun sebelumnya, karena peserta yang ikut cukup sedikit. “MOK tahun ini sungguh memprihatinkan, jumlah peserta tidak sesuai dengan target” tutur Ketua Reka Kerja, Astutik. Pengaruh sedikitnya mahasiswa yang ikut MOK ini antara lain waktu yang tidak sesuai dengan jadwal mahasiswa, sosialisasi kegiatan yang kurang maksmial, dan rata-rata mahasiswa sudah banyak mengikuti kegiatan Fakultas dan UKM yang laun, sehingga dari segi financial menghambat untuk partisipasinya. “Sebenarnya saya mau ikut MOK, tetapi sudah terlalu banyak biaya yang sudah saya keluarkan untuk kegiatan fakultas dan UKM lainya, jadinya belum bisa ikut karena kiriman belum ada” papar salah satu mahasiswa fakultas agama Islam.

Meskipun demikian, kegiatan tetap tidak ada kendala yang menyulitkan. Sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Ketua Gugus Depan saat Pembukaan, Kak Ma’as Shobirin, M.Pd “Kegiatan Pramuka ini adalah kegiatan sukarela, artinya siapapun boleh ikut tanpa adanya paksaan. Sehingga dengan kesukarelaan tersebut, berapapun jumlah peserta yang ikut menunjukan bahwa pramuka menjadi pilihan nomor satu”.(kgms)