Pembukaan LGJR II Se-Jateng DIY Racana Wahid Hasyim

2 bulan ago admin 0

RahidhasNews, Semarang– Anggota Harian Mabigus Universitas Wahid Hasyim, Dr. Mudzakkir Ali, MA membuka secara resmi kegiatan Latihan Gabungan Jungle Rescue Ke-II Se Jateng DIY di Kampus Kalipancur, pagi tadi (5/7).

beliau menyampaikan pesan yang sangat mendalam bagi anggota pramuka bahwa point-point yang terkandung di Pancasila itu terdapat pula di Dharma Pramuka.

“Pramuka ialah insan Pancasila” jelas kak Mudzakkir yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik di Unwahas.

oleh karena itu, lanjut Kak Mudzakkir, Pramuka harus memahami arti Pancasila, terus mengamalkanya disetiap langkah gerakan hingga pramuka benar-benar bermanfaat bagi manusia dan alam semesta.

“Semoga Latgab Jungle Rescue ini kelak akan menjadi Jembatan bagi adek-adek untuk menuju kesuksesan” imbuh Kak Mudzakkir.

Kegiatan yang diselenggarakan Unit Khusus Pasukan Komando Barisan Pramuka (PASKOBRA) Racana Wahid Hasyim pangkalan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) akan berlangsung selama 3 hari, Jum’at-Ahad, 05-07 Juli 2019.

Kegiatan yang bertemakan “Scout Ready For Disaster Response” diikuti oleh anggota Pramuka Penegak dan Pandega dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY. Setiap peserta akan dibekali oleh narasumber dari BASARNAS dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, meliputi  Manajemen Resiko Bencana, Navigasi Darat, Survival dan E-SAR.

“Sebagai seorang pramuka penengak pandega sangat perlu dibekali materi tersebut, mengingat bahwasanya negara kita sering terjadi bencana. Dengan mengamalkan Dasa Dharma yang ke-5 yang berbunyi “Rela menolong dan tabah” setidaknya seorang pramuka mengetahui yang nantinya akan berguna bagi masyarakat” terang Ndan sholeh selaku komandan Paskobra.

LatGab Jungle Rescue merupakan program kegiatan tahunan Dewan Racana Wahid Hasyim melalui Unit Khusu Paskobra sebagai wahana untuk menambah wawasan serta meningkatkan kualitas SDM bagi Pramuka dibidang keterampilan khusus.

“Selamat datang Kakak-kakak di rumah kami Universitas Wahid Hasyim. Semoga Sukses apa yang telah menjadi harapan kakak-kakak sebelumnya dan ilmu yang didapat bermanfaat” Ungkap Kak Yunus. (GGM45/kms)